Siti Nurhaliza, my favorite actress.

Siti Nurhaliza binti Tarudin

Cantik, santun, bersahaja, dan yang terpenting bersuara emas. Itulah gambaran secara umum mengenai sosok gadis Malaysia bernama Siti Nurhaliza. Untuk golongan masyarakat generasi tahun 90an, sudah tentu tidak asing mendengar nama itu. Terutama untuk wilayah Asia dan sebagian Negara Eropa.

Bernama lengkap Siti Nurhaliza Tarudin yang disematkan nama belakang dari ayahnya, Tarudin. Lahir di Berek Polis Kampung Awah, Temerloh, Kuala Lumpur, Malaysia. Merupakan anak keempat dari delapan bersaudara dari pasangan Tarudin Ismail dan Siti Salmah Bachik.

Dengan faktor A-Z yang dimilikinya, membuat saya pribadi sangat mengagumi sosok Siti Nurhaliza ini. Selain karena jiwa seni dalam bidang vokal yang dikuasainya, juga rupa yang anggun nan bersahaja, sudah cukup membuat saya terkagum-kagum dengannya.

Sempat membuat pernyataan mencengangkan mengenai syarat-syarat pakaian yang harus dikenakan dalam setiap show, namun tidak serta merta menurunkan kualitas dan minat para penikmat lagu mundur dari mencintai karya-karyanya. Justru dengan keputusan kontroversial (bagi sebagian kalangan) malah membuat dia semakin terkenal dan dicintai fansnya di berbagai belahan Asia dan sebagian di Negara-negara Eropa.

Berasal dari daerah “kampung”, namun bisa mengguncangkan dunia dengan berbagai penghargaan yang diraihnya. Dan yang paling fenomenal adalah ketika Siti menerima gelar “The Voice Of Asia” oleh Alicia Keys di ajang MTV Asia Awards tahun 2005 di Bangkok, Thailand karena kehebatan vokal sopranonya.
Sulit untuk mencari sosok idola yang tidak hanya professional dalam bidang seni vocal, namun sangat memperhatikan penampilan sebagai image tersendiri dan tidak ingin mainstream sebagai artis secara konvensional (umum). Banyak artis-artis diluar sana yang hanya menonjolkan “view” daripada “technic”, hanya mementingkan penampilan dan menomorduakan kemampuan. Namun berbeda dengan Siti. Walaupun ia datang dari kampung, tapi kualitas suara tetaplah nomor satu.

Namun yang disayangkan, dulu – ketika saya melihat beberapa video tayangan dan siaran langsung – ia masih belum berkerudung. Tapi setelah menikah dengan konglomerat Malaysia, Datuk Khalid Mohamed Jiwa, Siti memutuskan untuk mengenakan kerudungnya. Subhanalloh. Semakin indah.

Siti Nurhaliza dan Datuk Khalid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *